Selasa, 07 Juni 2011

Penginstalan Dua Windows Pada Satu Komputer


Dalam hal ini tidak semua komputer yang dapat menerimanya karena membutuhkan kapasitas yang cukup lumayan tinggi. Penginstalan dua windows pada satu komputer ini dapat di terima oleh komputer yang memiliki kapasitas minimal memori sebesar 1 GB ( Giga Byte) dan memiliki harddisk sebesar 320 GB (Giga Byte). Penginstalan windows Xp dan Seven pada satu komputer ini dapat di gunakan minimal memiliki kapasitas seperti komputer tersebut, jika tidak maka komputer yang menggunakan dua windows ini akan mengalami blue screen karena mengalami kegagalan proses pada saat menjalankan aplikasi komputer tersebut, karena beratnya aplikasi yang akan dibuka dan kurang besarnya memori sehingga pada saat pemrosesan tidak maksimal.
Dengan penggungaan dua windows pada satu komputer ini dapat memberikan kita pilihan dengan pilihan windows Xp dan windows Seven, jika ada aplikasi yang hanya dapat dibuka(support) dengan windows Xp maka kita hanya cukup membuka komputer kita dengan windows Xp tersebut, begitu juga dengan sebaliknya jika aplikasi kita hanya dapat dibuka(support) dengan windows Seven maka kita hanya cukup membuka komputer kita dengan windows Seven. Jadi kita tidak perlu menggunakan dua unit komputer yang memiliki windows yang berbeda, cukup dengan cara ini sudah dapat mempermudahkan apa yang kita inginkan.
3.1 Langkah-langkah Penginstalan windows Xp dan Windows Seven Pada Satu Komputer
  • Paling utama penyetingan pembacaan CD dan DVD pada Bios dengan menekan F2 pada laptop dan untuk komputer desktop kita tekan tombol DELETE terus menerus setelah restart hingga masuk pada tampilan bios.
  • Pilih Advanced Bios Feature pada menu BIOS
  • Setelah masuk ke menu Advanced Bios Feature, pilih menu First Boot Device, lalu pilih pembacaan CD dan DVD menjadi urutan yang pertama.
  • Masukkan CD Master Xp dan DVD Master Seven kedalam DVD ROOM
  • Kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya.
  • Dikarenakan windows Xp lebih rendah dari pada windows Seven maka agar komputer kita bisa menerima dua windows sekaligus, maka kita harus menginstalkan windows Xp dahulu. Lalu setelah selesai instalasi windows xp barulah kita menginstalkan lagi dengan windows Seven di partisi yang berbeda.
  1. Booting ataupun pembacaan pertama pada komputer pada saat dinyalakan, pada saat tampilan pertama bios pilihlah menu advance bios features, tekan enter.
  1. Jika kita akan menginstal OS(Operating System) melalui CD, maka ubahlah pembacaan pertaman (first boot device) menjadi CD ROM tetapi dan tekan F10 untuk menyimpan setingan konfigurasi yang telah kita seting, Jika setelah instalasi ubah lagi menjadi HDD (HARDDISK).
  1. Pastikan CD master Xp kita telah dimasukkan kedalam DVD ROOM dan Setelah setingan tersimpan maka komputer kita akan restart. Pada saat proses booting terjadi akan ada tampilan Press eny key seperti di bawah ini
  1. Tekan ENTER atau sembarang tombol, maka proses instalasi akan mengecek hardware komputer kita, kemudian akan muncul tulisan " windows setup"
  1. Lalu file-file dalam CD akan di load ke dalam komputer, kemudian akan muncul lagi tampilan " welcome to setup"
  1. Tekan "ENTER" untuk menginstal windows Xp , tekan "R" untuk repair system windows yang sebelumnya pernah terinstal, "F3" untuk keluar dari proses instalasi, lalu akan muncul ( End User Licese Aggrement  
  1. Tekan "F8" kemudian proses instalasi akan mencari dan membaca partisi harddisk kita, kemudian akan muncul semua partisi harddisk kita..
  1. Tekan "ENTER" untuk langsung menginstal windows xp, tekan "C" untuk membagi (membuat) partisi harddisk kita, kapasitas partisi sesuai dengan kebutuhan kita. Pembagia ini dalam bentuk satuan MB. Inilah gambar di saat akan melakukan pembagian partisi.
  1. Kemudian tuliskan kapasitas partisi yang ingin kita buat, seperti terlihat pada gambar diatas, sebagai contoh: misalkan kapasitas harddisk kita 320, lalu kita ingin membagi dua maka tuliskan 160000, lalu tekan "ENTER" setelah penulisan jumlah kapasita, jangan hanya 160 karena pembagian partisi ini satuannya MB. Karena setiap 1GB = 1000 MB. Tetapi karena kita akan menginstal dua windows maka kita harus membagi partisi tersebut lebih dari dua agar ada partisi yang dapat di gunakan untuk menyimpan data. Dua partisi di gunakan untuk windows. Sedangkan yang lainnya untuk penyimpanan data.
  2. Kemudian tekan " ENTER "
  1. Lalu pilih " Format the partition using the NTFS file system (Quick)" atau "format the partition using the NTFS file system" lalu tekan "ENTER"  
  1. Kemudian arahkan pointer pada posisi "unpartitioned space", lalu tekan "C" maka akan muncul tampilan seperti gambar sebelumnya, dalam hal ini layar akan memunculkan tampilan yang menunjukkan sisa partisi yang telah kita bagi, jika kita hanya membagi 2 partisi saja maka langsung tekan "ENTER" tetapi jika kita ingin membagi lagi jangan tekan " ENTER" dahulu tetapi kita harus menekan "C" lagi maka kita akan membaginya. Setelah selesai pada pembagian partisi maka pointer arahkan pada posisi partisi C, tetapi biasanya pointer telah berada pada posisi tersebut. Maka kita tinggal menekan "ENTER" dan proses instalasi windows Xp akan jalan.
  1. Setelah selesai format, maka windows akan menyalin file untuk proses instalasi.
  1. Setelah proses penyalinan selesai, secara otomatis komputer akan melakukan restart, dalam hal ini untuk mempercepat proses kita bisa langsung menekan "ENTER".
  1. Setelah itu akan muncul tampilan loading windows.
  1. Selanjutnya proses instalasi windows sedang berlangsung dan menyelesaikan bagian demi bagian hingga semua selesai.
  1. Selanjutnya hanya tinggal menunggu beberapa menit maka akan muncul tampilan pada layar.
  1. Klik next maka proses instalasi berjalan pada tahap selanjutnya.  
  1. Isilah nama pada kotak tersebut lalu klik "NEXT".
  1. Masukkan serial number master Xp tersebut, kemudian tekan "NEXT" dan akan muncul tampilan adaministrator, pilihan disitu boleh di isi boleh juga tidak terserah pada kita. Lalu tekan "NEXT" dan tampilan Date and Time Setting.
  1. Masukkan settingan Date anda Time, tentukan time zone kita untuk jakarta pilih GMT +7 klik "NEXT" 
  1. Setelah proses tahap ini selesai maka muncullah tampilan tahap selanjutnya.
  1. Pada menu pilihan tersebut kita disini memilih typical settings lalu next dan akan muncul lagi tampilan tahap selanjutnya seperti gambar berikut.
  1. Setelah itu klik next untuk menuju tahap selanjutnya maka akan muncul lagi tampilan seperti berikut. Yaitu tampilan display lalu klik Ok.
  1. Lalu windows akan mendeteksi tampilan optimal dari PC kita, dapat kita lihat seperti gambar dibawah ini, klik Ok.
  1. Setelah itu akan muncul loading windows seperti gambar di bawah ini dan proses instalasi windows Xp pun hampir selesai.
  1. Selanjutnya akan masuk pada tampilan windows untuk pertama kalinya , kemudian klik next.
  1. Maka akan muncul tampilan " Help Protect Your PC", seperti dapat kita lihat  kemudian pilih "Not Right Now" lalu tekan "Next"
  1. Kemudian komputer akan mengecek koneksi ke internet, seperti terlihat pada gambar berikut ini. Pilih "Yes" lalu klik "Next"
  1. Kemudian akan muncul pilihan aktivasi windows Xp, seperti gambar berikut lalu klik "Next"
  1. Klik next maka proses instalasi windows Xp selesai, kemudian akan muncul tampilah layar seperti gambar di bawah ini, klik "finish", dan proses instalasi windows Xp selesai.
  1. Kemudian secara otomatis masuk pada tampilan windows Xp secara bertahap.
  1. Dan masuk pada tampilan selanjutnya
  1. Setelah instalasi windows Xp telah selesai maka selanjutnya kita menginstalkan Driver untuk komputer kita, setelah selesai maka komputer kita siap di gunakan dengan windows xp.
Setelah instalasi windows Xp selesai maka tahap selanjutnya kita akan melakukan proses instalasi windows Seven pada komputer kita. Karena settingan pada BIOS belum di ubah maka kita hanya tinggal mengeluarkan CD master Xp dan memasukkan DVD master Seven pada DVD ROOM dan merestart komputer kita.
  • Jika pada saat tampilan setelah restart muncul tulisan "boot from CD or DVD" maka kita tekan tombol "ENTER".
  • Selanjutnya muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini lalu klik " Next " untuk langkah selanjutnya.
  • Setelah klik next muncul tampilan baru lagi dan kita klik "Instal now"
  • Berikan tanda ceklis pada kotak kecil pilihan " I aceppt. . .".
  • Karena kita sedang melakukan Instalasi maka kita memilih Cumtom(advanced) pada tampilan selanjutnya.
  • Pilih partisi yang akn di pakai untuk menginstal windows seven, pada contoh gambar di bawah ini, harddisk belum di bagi kedalam beberapa partisi. Tetapi melalui prosedur yang telah di lewati bahwasannya partisi telah di bagi oleh windows Xp seharusnya disini telah ada partisi yang telah di bagi. Windows Xp terletak pada partrisi C lalu kemudian kita meletakkan windows seven yang akan kita instal pada partisi D yang semestinya telah ada. Inilah contoh gambar tampilan pembagian partisi pada windows seven. Untuk membagi partisi pada windows seven dapat dilakukan saat instalasi pilih Drive Options (advanced) di sini kita dapat membagi partisi yang kita inginkan.
  • Proses instalasi windows seven di mulai dan pada saat proses instalasi ini membutuhkan banyak waktu yang cukup lama, dan inilah tampilan gambarnya pada saat instalasi.
  • Setelah proses diatas selesai komputer akan restart secara otomatis.
  • Pada tampilan berikut ini ketikkan nama, lalu next untuk melanjutkan proses instalasi.
  • Pada tahap selanjutnya pasword boleh di isi boleh juga tidak, lalu klik next dan akan melanjutkan pada proses instalasi selanjutnya,
  • Selanjutnya ceklis pada kotak kocil " Automatically activate windows…" lalu next seperti pada tampilan gambar berikut.
  • Selanjutnya settingan windows mengupdate otomatis atau tidak, biasanya pada menu ini kita dapat memilih pilihan " ask me latter".
  • Setelah itu kita memasuki settingan time zone yaitu tampilan waktu. Seperti pada tampilan gambar berikut ini.
  • Kita telah selesai menginstal windows seven pada komputer kita inilah tampilan pada layar komputer kita setelah selesai instalasi windows seven.
  • Setelah selesai instalasi windows seven maka kita harus " mengaktivasi windows seven tersebut" dengan software "aktivasi windows seven" yang telah kita sediakan, dan kita juga harus menginstalkan beberapa driver komputer kita yang belum terinstal oleh windows seven.
3.2 Cara Penggunaan
Setelah penginstalan windows Xp dan windows seven pada komputer kita selesai, berarti komputer kita telah memakai dua windows. Pada saat kita menghidupkan komputer tersebut maka komputer tersebut memiliki dua pilihan windows yaitu pada urutan yang pertama windows Xp dan urutan yang kedua windows seven. Jika kita ingin menggunakan windows Xp hanya dengan mengarahkan pointer mouse kita pada urutan yang pertama lalu tekan "ENTER" maka komputer kita akan membuka tampilan dengan windows Xp. Tetapi jika kita ingin menggunakan windows seven tanpa mengarahkan pointer dan langsung menekan tombol "ENTER" maka kita telah berada pada tampilan windows seven karena pointernya pada saat pemrosesan telah berada pada urutan kedua yaitu pada
windows seven.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar